Serangan Iran ke Israel Tingkatkan Ketegangan di Timur Tengah

Serangan Iran ke Israel Tingkatkan Ketegangan di Timur Tengah

Serangan Iran ke Israel Tingkatkan Ketegangan di Timur Tengah

Israel telah berjanji untuk membalas serangan udara besar-besaran Iran ke Israel akhir pekan ini. Namun, Israel diduga menggunakan taktik yang disebut “eskalsi rahasia”, mengingat kedua negara menyadari bahwa aksi mereka dapat meningkatkan eskalasi di Timur Tengah dan menyeret negara-negara lain ke dalam perang.

Seorang pengamat Timur Tengah dari Universitas Indonesia, Yon Mahmudi, menyebut bahwa Teheran telah mengantongi dukungan dari negara-negara sekutunya. Di sisi lain, Iran juga diperkirakan menyadari bahwa terlibat dalam konflik bersenjata langsung dengan menyerang wilayah Israel akan melibatkan kekuatan global lainnya.

Sementara itu, seorang analis senior Timur Tengah dan Afrika Utara dari CNBC Internasional, Ryan Bow, menyebut bahwa Israel sedang mempertimbangkan serangan langsung ke Iran sebagai upaya pencegahan. Namun, Israel perlu mencapai keseimbangan agar tidak terlibat dalam konflik terbuka dengan Iran. Taktik yang lebih aman adalah eskalasi rahasia, di mana Israel akan meningkatkan intensitas perang bayangan mereka tanpa memperlihatkan diri secara terbuka.

Dalam pertimbangan taktis, Israel perlu memutuskan cara untuk membalas Iran yang memungkinkan mereka kembali ke jalur tersebut karena itu adalah imperatif utama mereka. Mereka tidak menginginkan konflik terbuka dengan Iran, terlepas dari seberapa efektif pertahanan udara Israel dan sekutu-sekutunya di wilayah tersebut.

Bagaimana Israel melakukannya akan bergantung pada pertimbangan apa yang mereka putuskan untuk digunakan, seperti jenis platform senjata, geografi, dan pertimbangan lainnya. Hal ini juga menciptakan banyak ketidakpastian tentang kapan Israel akan menyerang, seberapa keras, dan dengan apa.

Follow on Google News

Check Also

Hujan Badai Melanda Dubai, Pusat Kota hingga Bandara Lumpuh Terendam Banjir

Hujan Badai Melanda Dubai, Pusat Kota hingga Bandara Lumpuh Terendam Banjir

Dubai, Uni Emirat Arab – Hujan badai ekstrem melanda Dubai pada Selasa (16 April 2024), …